Optimasi Meta Keyword dan Meta Description

Untuk melanjutkan artikel tentang SEO OnPage saya sebelumnya, sekarang kita berlanjut ke cara meng - Optimasi Meta Keyword dan Meta Description pada artikel atau posting suatu website dan blog yang akan kita tulis.

Optimasi Meta Keyword


Meta Keyword adalah beberapa Keyword/Kata kunci yang akan dipakai pada artikel yang akan kita tulis, biasanya jumlah keyword pada meta keyword berjumlah 3 keyword. Penulisan Meta dapat dilakukan dengan variasi dari keyword utama anda, bisa merupakan sinonim (persamaan kata) dari keyword utama, bisa penggalan kata dari keyword utama dan bisa dengan kata-kata lain yang berhubungan dengan keyword utama.

Misalkan keyword utama kita adalah “Belajar SEO Untuk Pemula“, maka kita dapat menulis beberapa kalimat pendek atau kata-kata pendek lain untuk tambahan meta keyword anda, misal : Belajar SEO, SEO Dasar, SEO Pemula dll. Pastikan setiap keyword/keyphrase tambahan harus diberi tanda “koma” untuk menandakan bahwa itu merupakan 1 keyword.

Keterangan : Penulisan Meta keyword untuk mengoptimasi SEO sekarang ini tidak begitu diperhatikan seach engine dan menurut para praktisi seo meta keyword tidak terlalu penting dapat menghilangkan konsentrasi pada saat penulisan artikel sehingga fokus ke keyphrase/keyword utama sedikit terganggu. Solusinya adalah membuat artikel dahulu sesuai dengan keyword utama, sesudah artikel selesai baru menambahkan keyword tambahan lain sehingga keyword-keyword tambahan tersebut tumbuh secara alami pada saat anda menulis artikel.

Optimasi Meta Description


 Meta Description adalah kalimat yang berisikan ulasan atau deskripsi dari artikel yang anda buat. Berbeda dengan Meta Keyword, Meta description dianggap masih penting untuk mengoptimalkan artikel anda supaya SEO Friendly, karena judul (page title) dan meta description lah yang pertama kali di crawl oleh robot search engine dan akan ditampilkan di bawah judul anda di halaman hasil pencarian (SERP) seperti google. Dibawah ini adalah cara meng-optimasi Meta Description artikel anda :

  • Panjang meta description jangan terlalu panjang, karena kalo kepanjangan percuma tidak akan ditampilkan search engine secara keseluruhan. Efektifnya tidak lebih dari 160 karakter (termasuk spasi dan tanda baca).
  • Pada Meta Deskripsi sebaiknya mengandung keyword atau keyphrase utama, supaya lebih  meyakinkan search engine dan penggunanya bahwa artikel kita memang benar mengulas topik yang sedang dibutuhkan dan bukan merupakan artikel spaming.

Contoh :

Keyphrase Utama : “Belajar SEO Untuk Pemula”

Penulisan Meta Description :  “Cara Cepat Belajar SEO Untuk Pemula yang berisikan tips dan trik SEO, Faktor-Faktor yang mempengaruhi SEO dan masih banyak lagi.”

Demikian penjelasan tentang Optimasi atau cara mengoptimalkan penulisan Meta Keyword dan Meta Description pada sebuah artikel atau halaman website/blog anda dalam rangka Search Engine Optimization, mudah-mudahan dapat mudah dimengerti. Selanjutnya nanti saya akan menulis tentang cara mengoptimalkan isi artikel supaya SEO Friendly.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *