Mengenal Backlinks Yang Sesungguhnya

Mungkin artikel ini bisa berguna untuk pemula yang baru mengenal SEO, meskipun mengetahui arti kata “Backlinks” tidak menutup kemungkinan mereka tidak mengenal backlinks yang sesungguhnya di dalam seni SEO sekarang ini. Backlinks atau link balik adalah bagian terpenting untuk sebuah blog. Backlink dalam sebuah blog sangat bermanfaat untuk meningkatkan page view, post view, authority pada setiap posting maupun home page kita, dan yang tidak kalah penting membangun backlink yang baik dan benar dapat meningkatkan posisi blog kita di SERP. Oleh karena itu sebelum membanggun backlinks di blog kita, kita harus mengenal backlinks secara sederhana yang mungkin akan mudah dimengerti oleh Anda.

Dalam dunia SEO dan dunia perbloggingan sekarang ini dikenal 2 macam jenis backlink yaitu backlink internal dan backlink eksternal. Backlinks Internal adalah link yang masuk dari halaman lain yang merupakan bagian dari blog kita sendiri, sedangkan Backlinks Eksternal adalah link yang masuk dari website atau blog lain ke halaman blog kita.

Backlink Eksternal juga sekarang terbagi menjadi 2 yaitu Backlinks Do Follow dan Backlinks No Follow. Backlink Dofollow adalah backlink yang memberi kebebasan robot dari mesin pencari untuk merayap masuk ke isi konten yang ada pada halaman blog kita, sedangkan pada Nofollow Backlinks search engine tidak akan masuk merayap ke dalam isi konten blog, tetapi hanya memeriksa valid atau tidaknya link tersebut. Jika tidak valid maka mesin pencari mengangapnya sebagai Broken Link (Link yang rusak).

Backlink Eksternal yang sangat berguna untuk blog kita adalah jenis Backlink Dofollow, backlink ini menjadi nilai plus untuk kita dari Search Engine, pastinya dapat memperbaiki posisi blog kita di SERP. Kenapa?, karena jika blog kita mendapatkan link dofollow dari luar, search engine akan menganggap blog kita memiliki konten yang relevan. Apalagi jika mendapat backlink dari blog atau website yang mempunyai page rank tinggi, dapat dipastikan posisi blog kita dapat melejit menuju puncak SERP.

Tetapi bukan berarti backlink NoFollow tidak penting, backlink ini tetap dapat mempengaruhi posisi kita di search engine, meskipun nilainya tidak sebesar yang Dofollow. Tapi perlu diperhatikan backlink eksternal yang bersifat Nofollow lebih bernilai dibanding kita menaruh backlinks dengan cara spamming di situs Dofollow, yang seperti telah kita ketahui Search Engine sangat tidak menyukai kegiatan spamming yang sering kita lakukan.

Dari sedikit artikel diatas sekarang kita mengetahui arti backlinks dan manfaat backlink yang sesungguhnya untuk Optimasi SEO pada blog kita, sehingga kita tidak lagi menghabiskan waktu untuk menebar link yang tidak perlu.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *