Antara Website, Blogging, Kontes SEO dan Google Panda

Kontes SEO bagi saya bukan merupakan suatu pekerjaan, cuma karena kebetulan saya lagi ada waktu luang untuk mengisi kekosongan waktu saya isi dengan blogging dan belajar seo. Tidak sampai 2 bulan saya belajar seo di Internet, saya hanya membaca pengetahuan manajemen web dari Webmaster Tools dari Google. Sempat ada terlintas di pikiran, “Apa salahnya jika kita blogging sambil menerapkan SEO untuk blog kita”.

Sebelum mengikuti kontes seo, saya coba menargetkan keyword yang sedang-sedang saja yaitu “Optimasi Keyword“. Pertama kali saya posting, postingan saya di SERP di halaman 2. Dalam pikiran saya ternyata lumayan juga nih persaingannya, saya coba ni bikin postingan baru lagi untuk mengarah ke postingan saya tadi. Saya cek besoknya udah di halaman 1 peringkat 9. ya lumayan lah untuk newbie. Saya lakukan terus sampai menambah 3 postingan yang mengarah ke postingan pertama tadi, hasilnya lumayang di posisi 5 Google.co.id.

Ternyata terbukti berpengaruh, karena saya sudah habis akal dan cape bikin postingan. Saya coba tanam backlink di beberapa sosial bookmark Indonesia, facebook pribadi, dan forum-forum Indonesia. Hasilnya cukup menggembirakan dalam beberapa hari kemudian postingan saya ada di posisi 1 Google.co.id selama kurang dari 2 minggu, dari situ mulai semangat belajar SEO lebih dalam lagi.

Untuk mengasah kemampuan saya yang masih newbie ini perlu dikasih latihan yang lebih berat, iseng lah ikut kontes SEO. Pertama kali saya posting seperti biasa di halaman 2, eh turun ke halaman 3. Disitu saya sadar ini merupakan persaingan yang sesungguhnya, singkat cerita saya lakukan apapun untuk menaikan posisi di SERP sampai-sampai ikut “nyepam” untuk menaruh backlink. Hasilnya saya sudah di halaman 1 Google, tapi beberapa hari kemudian Jreeeeeng…. “Postingan Hilang” hahaha…. ternyaata terkena hukuman Google Panda.

Cari-cari postingan cara untuk mengembalikan postingan saya dari blog lain, namun hasilnya nihil. Oke saya relakan postingan itu, saya coba bercermin dari situ dan mengikuti kontes seo lain. Karena saya sudah lelah saya coba kopi artikel dari blog lain kemudian sedikit mengeditnya, hasilnya lebih parah lagi postingan saya ga ke Index sama sekali. Okey saya relakan lagi tu postingan.

Yang ketiga saya coba ikuti kontes lain dengan menulis postingan yang original, meskipun aga mencontek dari sumber lain. Hasilnya saya langsung berada di posisi 6 halaman pertama, disitu saya semangat untuk menanam backlink dimana-mana. Untuk kali ini saya akan berhati-hati dalam menuruh backlink dan mencari akal bagaimana melakukan spamming yang tidak ketauan Google Panda.

Alhamdulilah sampai sekarang belum pernah kena penalti lagi, dan jangan lagi karena kita sudah susah-susah bikin postingan original dengan banyak menghabiskan waktu. Mudah-mudahan tulisan ini bisa berguna buat Anda yang membacanya, akhir kata saya berpesan tetep “TAKE ACTION” aja untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Kontes SEO Dumet School > baca juga : Tempat Kursus Website, SEO, Desain Grafis Favorit 2015 di Jakarta

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *