Manfaat Yoghurt Heavenly Blush Untuk Pencernaan

Hampir semua orang mengetahui bahwa yoghurt adalah minuman yang kaya akan manfaat untuk tubuh kita, salah satunya adalah menyempurnakan fungsi sistem pencernaan dalam tubuh. Pola hidup yang tidak sehat dan menurunnya kualitas makanan akhir-akhir ini menyebabkan banyak penduduk di Indonesia yang mengalami masalah pada sistem pencernaannya, sehingga dapat dipastikan jumlah permintaan pada produk yoghurt siap saji akan terus bertambah. Inilah yang menjadikan berbagai merk yoghurt terkenal menghujani pasar yoghurt di tanah air. Yoghurt aneka rasa dari berbagai produsen bisa kita dapatkan dengan mudah di hampir seluruh supermarket dan minimarket, bahkan warung-warung kecil pun menjualnya. Pengetahuan masyarakat yang terus bertambah tentang manfaat yoghurt menjadikan produk minuman ini tidak sepi pembeli bahkan sudah dijadikan gaya hidup untuk sebagian orang. Heavenly Blush merupakan merk yoghurt di Indonesia yang diproduksi oleh PT. Nutrifood, minuman yoghurt siap saji ini di klaim sebagai salah satu produk yoghurt yang aman untuk ibu hamil dan produk yoghurt yang baik untuk diet sehingga mendapat julukan sebagai merk yoghurt yang paling bagus di Indonesia untuk saat ini.

 

IMG_20150830_161733-2

Manfaat Yoghurt Heavenly Blush

 

Khasiat Dan Manfaat Yoghurt Untuk Pencernaan

Fungsi sistem pencernaan sangat berperan penting pada tubuh manusia, alat pencernaan adalah pintu masuk semua asupan nutrisi untuk setiap individu. Sistem pencernaan yang baik dapat menghasilkan dan memberikan asupan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh seseorang, sehingga tidak terjadi kekurangan ataupun kelebihan pada kebutuhan nutrisi yang dapat mengakibatkan permasalahan pada kesehatan. Namun tidak semua individu memliki sistem pencernaan yang baik, permasalahan pada pencernaan bisa disebabkan karena faktor keturunan dan melemahnya fungsi alat-alat pencernaan. Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat yoghurt untuk mengatasi masalah pencernaan yang sering terjadi pada tubuh manusia:

 

Mengefektifkan Dan Memaksimalkan Fungsi Enzim Laktase

Intoleransi Laktosa

Intoleransi Laktosa

Kalsium dan vitamin D merupakan mineral yang sangat penting untuk tubuh kita, biasanya kita mendapatkan banyak kalsium dari susu ataupun produk berbahan dasar susu lainnya. Namun untuk penderita intoleransi laktosa, susu bagaikan minuman yang menakutkan karena susu memiliki kandungan laktosa yang cukup banyak.

Intoleransi laktosa terjadi karena jumlah enzim laktase yang ada dalam tubuh tidak cukup untuk mencerna laktosa dalam usus, hal ini menyebabkan laktosa yang tidak tercerna berjalan melewati lambung, usus kecil dan usus besar. Laktosa yang belum tercerna baru akan diurai di dalam usus besar sehingga menyebabkan gejala gastrointestinal yang merugikan, seperti perut kembung, diare dan nyeri sehingga para penderita intolelir laktosa dianjurkan untuk mengurangi atau bahkan tidak mengkonsumsi susu.

Adakah sumber kalsium alternatif bagi penderita intolelir laktosa?, kandungan laktosa yoghurt memang lebih rendah dari susu, namun penelitian menunjukkan bahwa laktosa yang hadir dalam yoghurt lebih mudah diserap oleh tubuh. Sistem pencernaan hanya membutuhkan sedikit enzim laktase untuk mencerna laktosa yoghurt, hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor lain diantaranya karena aktivitas lactobacillus yang terkandung dalam yoghurt dan tingkat keenceran yoghurt dibandingkan dengan susu sehingga dapat meningkatkan penyerapan dan mengurangi jumlah laktosa hadir dalam usus besar. Jika Yoghurt dikonsumsi secara teratur dan dikombinasikan dengan makanan sehat maka dapat mengurangi gejala gastrointestinal.

 

Menjaga keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan

mikroflora

Mikroflora

Mikroflora (bakteri non-berbahaya) pada usus memainkan peran penting dalam menjaga fungsi normal dari usus dan bisa meningkatkan ketahanan terhadap penyakit, namun perubahan gaya hidup, meningkatnya stres dan mengkonsumsi obat antibiotik dapat menyebabkan perubahan keseimbangan mikroflora. Ini dapat mengurangi jumlah bakteri menguntungkan untuk usus (Lactobacilli dan Bifidobacteria) dan meningkatnya jumlah bakteri patogen yang sering mengakibatkan keluhan kesehatan ringan, infeksi dan sumber dari penyakit yang mengancam kehidupan seperti kanker usus dan penyakit inflamasi usus.

Probiotik bisa diartikan sebagai bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Produk susu fermentasi seperti yoghurt memiliki kemampuan untuk mendukung kelangsungan hidup probiotik dan kendaraan yang mengirimkan probiotik ke dalam tubuh. Dalam situasi ini probiotik dapat memberikan suatu efek positif pada kesehatan dengan menjaga keseimbangan bakteri patogen dalam saluran pencernaan.

 

Pengobatan Iritasi Usus Besar

Iritasi usus besar

Iritasi Usus Besar

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah suatu kondisi pencernaan yang ditandai dengan sakit perut, kembung, gas yang berlebihan, sembelit dan diare. Jenis dan gejala yang dialami bervariasi untuk setiap orang dan sulit dipahami. Penderita yang mengalami iritasi usus besar biasanya memiliki bakteri usus yang abnormal dan ini diduga berkontribusi terhadap perkembangan penyakit. Penggunaan probiotik sangat disarankan untuk memperbaiki kelainan tersebut, dan sampai saat ini telah ada beberapa penelitian yang melibatkan probiotik untuk pengobatan IBS. Meskipun penggunaan probiotik dalam pengobatan IBS saat ini belum bisa dibenarkan, tetapi banyak orang yang melakukan terapi pengobatan IBS dengan mengkonsumsi yoghurt secara rutin.

You may also like...

2 Responses

  1. […] Manfaat Yoghurt […]

  2. […] Manfaat Yoghurt […]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *