Asal Usul Martabak

Berbicara tentang martabak dan untuk menyambung artikel martabak paling enak di Jakarta sebelumnya, ada baiknya kita mengetahui asal usul martabak itu sendiri. Di negara kita pada umumnya terdapat dua jenis martabak, yaitu martabak manis dan martabak asin. Martabak manis dikenal masyarakat dengan sebutan martabak bangka, sedangkan martabak asin lebih dikenal dengan sebutan martabak telor.

Asal usul Martabak Manis

Berdasarkan dari beberapa sumber yang saya dapat asal usul martabak manis yang ada di Indonesia saat ini memang berasal dari daerah Bangka Belitung. Martabak manis dibuat pertama kali oleh orang-orang suku Hakka (khek) Bangka yang memakai nama Suku Hoklo, yaitu kerabat dekat dari suku Hakka. Sehingga oleh suku Hakka disebut Hok Lo Pan (Kue Orang Hoklo) dan sekarang dikenal dengan istilah  Martabak. Selain disebut Martabak, kadang martabak manis disebut juga Kue Terang Bulan, tergantung tempat dimana jajanan rakyat yang enak dan lezat tersebut dibuat.

Asal usul Martabak Asin

Sedangkan martabak asin yang ada di Indonesia saat ini pertama kali dibuat oleh seorang pemuda asal Jawa bersama pemuda keturunan India. Jenis makanan yang enak ini banyak ditemukan di negara-negara arab, diantaranya Arab Saudi, Yaman dan mesir. Makanan ini juga sangat terkenal di India, oleh karena itu orang India lebih awal mengenal martabak asin ini , sehingga martabak asin yang ada sekarang ini adalah hasil kolaborasi antara Martabak India dan Martabak Arab, yang rasanya disesuaikan dengan lidah orang Indonesia sehingga menghasilkan martabak ini enak dan lezat. Tidak menutup kemungkinan asal usul kata “Martabak” yang dipergunakan saat ini berasal dari bahasa arab yaitu Murtabak ( مطبق ) yang berarti “terlipat”.

Dari kutipan singkat artikel diatas kita dapat menyimpulkan bahwa asal usul martabak manis dan martabak asin (telor) yang ada di Indonesia berasal dari dua tempat yang berbeda. Kita harus berbangga sebagai rakyat Indonesia, karena di negara kita terdapat beraneka ragam kuliner yang berasal dari  pelosok negeri. Yang tidak kalah membanggakan rasa dari kuliner Indonesia sangat cocok di semua lidah, termasuk para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Martabak berkualitas dan bergizi lebih enak disantap bersama keluarga dan sahabat ketika sedang berkumpul di waktu luang, sehingga menghasilkan cita rasa martabak Indonesia yang sesungguhnya.

You may also like...

1 Response

  1. […] Asal Usul Martabak […]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *