Kandungan Nutrisi Yoghurt

Kandungan Nutrisi Yoghurt

Jika bicara tentang Yoghurt, ada baiknya kita mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat dalam yoghurt untuk tubuh manusia. Secara umum ada 4 nutrisi penting yang kita dapatkan jika mengkonsumsi yoghurt yaitu energi/kalori, protein, karbohidrat dan lemak.

Energi/Kalori

Kandungan energi / kalori yoghurt tergantung pada jenis yogurt yang dikonsumsi. Yoghurt alami yang dibuat dengan semi skim atau skim susu biasanya memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan yoghurt alami yang dibuat dengan susu, karena kandungan lemak yang lebih rendah. Namun, yoghurt yang mempunyai rasa biasanya lebih tinggi di gula akibatnya lebih tinggi kalori yang dihasilkan. Oleh karena itu rasa, seluruh yoghurt susu cenderung memiliki kandungan kalori lebih tinggi dibanding yoghurt alami (tawar).

Protein

Protein dalam yoghurt dan susu berkualitas tinggi karena menyediakan semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan protein yoghurt tawar biasanya sedikit lebih tinggi dari pada susu karena adanya penambahan susu tanpa lemak selama pemrosesan.  Protein yoghurt susu juga memiliki kandungan asam amino prolin dan glisin lebih tinggi dibandingkan dengan susu, protein ini memiliki fungsi tambahan dalam tubuh yaitu meningkatkan penyerapan kalsium dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Perlu kita ketahui bahwa nilai gizi protein susu tidak berubah setelah proses fermentasi tetapi protein dalam yoghurt cenderung lebih mudah dicerna daripada protein yang ada dalam susu. .

Karbohidrat

Bentuk karbohidrat yang ditemukan dalam yogurt dan semua produk susu adalah gula yang dikenal sebagai laktosa. Laktosa dicerna oleh enzim laktase untuk menjadi glukosa dan galaktosa yang kemudian diserap dan digunakan untuk menghasilkan energi. Sebelum fermentasi, kandungan laktosa yoghurt adalah sekitar 6%. Setelah proses fermentasi, 20-30% laktosa yoghurt sudah tercerna menjadi glukosa dan galaktosa.

Proses ini menurunkan konsentrasi laktosa dalam yoghurt dibandingkan dengan susu, sehingga bagi individu yang mengalami kesulitan mencerna laktosa dapat mentolerir laktosa yoghurt yang lebih baik dari susu - lihat tentang intoleransi laktosa di posting manfaat yoghurt untuk pencernaan.

Lemak

Kandungan lemak yogurt bervariasi tergantung pada produk yoghurt itu sendiri, mulai dari sekitar 10% lemak untuk yoghurt yang tinggi lemak, 3% lemak untuk yoghurt susu, 1,7% lemak untuk yoghurt rendah lemak, dan yoghurt non-lemak yang mengandung kurang dari 0,3% lemak .

Kehadiran lemak dalam susu melewati banyak perubahan biokimia selama produksi yoghurt. Homogenisasi dan proses fermentasi menghasilkan pemecahan beberapa lemak menjadi asam lemak yang lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh manusia. Yoghurt juga telah terbukti telah meningkatkan konsentrasi asam linoleat, lemak alami yang diyakini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit kanker.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *